Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Menular Seksual

Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Menular Seksual 

Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Menular Seksual

Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Menular Seksual – Penyakit menular seksual merupakan penyakit infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit yang juga sering disebut dengan istilah penyakit kelamin ini menular lewat darah, sperma, cairan vagina, atau cairan tubuh lainya.

Nah, penularan penyakit ini juga bisa terjadi melalui hubungan ibu pada janin dalam kandungan atau setelah bayi dilahirkan. Selain itu, penggunaan jarum suntik secara bergantian atau berulang pun akan meningkatkan risiko penularan.

Terdapat lebih dari 30 jenis patogen yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Meski demikian, tanda-tanda PMS tak selalu muncul di alat kelamin, namun juga bisa terdapat pada mulut, saluran pencernaan, dan bagian tubuh lainnya.

Penyebab
Terdapat beberapa jenis patogen yang dapat menyebabkan penyakit menular seksual, diantaranya:

  • Infeksi virus: Human immunodeficiency virus, herpes simplex virus, human papilomavirus, hepatitis B
  • Infeksi bakteri: Neisseria gonorrhoeae, Chlamydia trachomatis, Treponema pallidum, Haemophilus ducreyi
  • Jamur: Candida albicans

Gejala penyakit menular seksual:

  • Luka terbuka dan atau luka basah disekitar alat kelamin atau mulut luka tersebut dapat terasa sakit atau tidak
  • Keluar Cairan/keputihan yang tidak normal dari vagina atau p*nis. Pada wanita, terjadi peningkatan keputihan. Warnanya bisa menjadi lebih putih, kekuningan, kehijauan, atau kemerah mudaan. Keputihan bisa memiliki bau yang tidak sedap dan berlendir.
  • Pada pria, rasa panas seperti terbakar atau sakit selama atau setelah kencing, biasanya disebabkan oleh PMS. Pada wanita, beberapa gejala dapat disebabkan oleh PMS tapi juga disebabkan oleh infeksi kandung kencing yang tidak ditularkan melalui hubungan seksual.
  • Kemerahan di sekitar alat kelamin
  • Pada pria, rasa sakit atau kemerahan terjadi pada kantung zakar
  • Rasa sakit diperut bagian bawah yang muncul dan hilang, dan tidak berhubungan dengan menstruasi
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan.
  • Nyeri di paha atau perut lebih rendah.
  • Nyeri seks.

Pengobatan

Pengobatan penyakit menular seksual tergantung dari jenis infeksi, lokasi, dan tingkat keparahan penyakit. Pada infeksi gonore, pemberian antibiotik diperlukan untuk menyelesaikan infeksi.

Sementara itu, pada infeksi jamur seperti candida, pemberian obat jamur dapat dipertimbangkan. Pada Candidosis yang terjadi di vagina, pemberian obat yang dimasukkan melalui vagina bisa dilakukan.

Sedangkan untuk infeksi HIV, diperlukan terapi obat retroviral. Bentuk pengobatan ini terdiri dari kombinasi beberapa obat antivirus.

Pencegahan
Pencegahan penyakit menular seksual dapat diupayakan dengan menghindari perilaku berisiko. Misalnya, tidak melakukan hubungan seksual dengan banyak partner atau bergonta-ganti pasangan. Selain itu, gunakanlah pengaman saat berhubungan

Sponsor by

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih sudah berkunjung di website kami www.obatkista1.com

 

Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Menular Seksual

 

Baca juga:

Cara mengobati bronkitis kronis

Cara mengobati radang usus buntu

Facebook Comments

Kata Pencarian :

    pencegahan penyakit menular seksual