Bahaya Kista Payudara Pecah Dan Cara Mengobatinya

Bahaya Kista Payudara Pecah Dan Cara MengobatinyaBahaya Kista Payudara Pecah Dan Cara Mengobatinya – Kista payudara adalah hasil reaksi dari naik turunya aliran hormon dari bulan ke bulan dan tahun ke tahun. Reaksi ini diakibatkan karena nyeri yang terjadi saat datangnya menstruasi. Kelebihan hormon estrogen yaitu salah satu penyebab berkembangnya penyakit kista payudara ini. Kista payudara dapat dijangkit oleh wanita dari kalangan anak-anak ataupun orang tua. Wanita yang melakukan perawatan terlalu intens dengan pergantian hormon atau HRT setelah mengalami menopause lebih besar mengalami resiko kista payudara. Baca juga: Cara menyembuhkan kanker nasofaring

Apa gejala kista payudara??

  • Keluarnya cairan dari putting susu berwarna bening, sedikit kekuningan atau kecoklatan
  • Munculnya benjolan lunak dengan ujung seperti buah anggur
  • Meningkat atau menurunya ukuran benjolan dan kepadatan benjolan sebelum menopause
  • Mengalami pendarahan yang tidak wajar.

Apa yang menjadi pemicu munculnya kista payudara?

belum ada penelitian yang bisa menjawab pertanyaan ini dengan pasti. Namun, sejumlah pakar mengungkapkan bahwa kemungkinan besar kemunculan kista dipengaruhi oleh siklus menstruasi. Ada perubahan hormon pada siklus ini dan hormon-hormon tertentu dalam tubuh wanita berpotensi untuk memberi perubahan pada jaringan payudara yang sensitif.

Kenapa kita harus berkonsultasi dengan ahli?

Seorang wanita disarankan melakukan pemeriksaan rutin pada payudaranya. Ketika seorang dokter mendapati ciri-ciri kista pada payudara pasiennya, dokter tidak akan langsung memvonis bahwa pasiennya mengidap kanker. Dokter akan terus melihat perkembangan dari gejala kista yang ada.

Nah, apabila Anda belum melakukan pemeriksaan secara rutin, sebaiknya segera menemui dokter begitu muncul benjolan pada payudara, baik disertai rasa sakit maupun tidak.

Memang, sih penyakit yang satu ini terbilang kurang populer dibanding kista yang menyerang bagian ovarium. Namun, dengan mengenal kista payudara sebelum terlambat, dapat mencegah penyakit berbahaya lainnya. Nah, segera temui dokter Anda jika mengalami gejala yang sudah dijelaskan tadi pada payudara Anda, ya. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Upaya Pencegahan Kista Payudara

  • Mengurangi makanan kacang-kacangan, karena di dalam kacang-kacangan terkandung senyawa fitoestrogen yang memicuu meningkatnya hormon estrogen dan juga xenostrogen. Hormon inilah yang memicu cepatnya muncul kista payudara.
  • Mengurangi minuman yang mengandung alkohol dan soda. Alkohol dan soda akan mempercepat perkembangan sel kanker, tumor otak dan kista payudara.
  • Berhati-hati dengan makanan dan minuman yang dibungkus plastik. Artinya, bukanya tidak boleh meminum atau memakan makanan yang terbungkus plastik, karena makanan jaman sekarang sudah tidak ada yang menggunakan daun. Anda tidak harus menghindari makanan yang terbungkus plastik namun lebih baik mengurangi.
  • Konsumsi Obat Kista

Itulah sekilas tentang Bahaya Kista Payudara Pecah Dan Cara Mengobatinya, yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini dan semoga bermanfaat  dan menambah wawasan Anda.

 

Bahaya Kista Payudara Pecah Dan Cara Mengobatinya

 

Baca juga:

Cara menyembuhkan pterigium

Obat eksim tradisional

Facebook Comments