Macam-Macam Jenis Kista Ganas

Macam-Macam Jenis Kista Ganas Yang Perlu Anda Ketahui

Obatkista1.com – Penting bagi kita untuk mengetahui Macam-Macam Jenis Kista Ganas yang harus di waspadai dan bisa sedini mungkin untuk mengatasinya, Sebenarnya ada beberapa kista yang tidak ganas alias jinak, namun bila tidak segera diobati bisa beresiko menjadi ganas dan bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Kista adalah suatu organ yang membesar dan di dalamnya berisi cairan, seperti sebuah balon yang berisi air. Pada wanita, organ yang paling sering menjadi kista adalah indung telur. Tidak ada ketentuan apakah indung telur kiri atau kanan yang sering menjadi kista. Tidak hanya di rahim ataupun di ovarium, ternyata kista sendiri dapat tumbuh hampir di mana saja di bagian tubuh Anda salah satunya ialah kista dapat tumbuh di ginjal. kista juga menjadi momok yang sangat menakutkan bagi wanita karena selain bisa mempengaruhi kesuburan ovarium juga akan membauta kekebalan imun perempuna menurun.

Banyak sekali jenis kista dengan karakteristik yang berbeda” tentu saja semua harus di waspadai dan secepatnya mendapatkan pengobatan. Berikut ini beberapa jenis penyakit kista diantaranya :

Kista payudara. Kista payudara adalah kista berbentuk kantung berisi cairan yang terdapat di dalam payudara. Kista payudara membentuk benjolan bulat atau oval, menyerupai balon yang berisi air. Benjolan ini dapat terbentuk dalam ukuran kecil atau bahkan besar sekalipun, dengan diameter sekitar 1 sampai 2 inci (2.5 sampai 5cm).

Menurut Melvin J. Siverstein, MD, Direktur Lee Breast Center dari Norris Comprehensive Cancer Center, Los Angeles, Amerika Serikat, kista payudara tak berbeda dengan kista yang tumbuh di rahim. Kista payudara ini umumnya bersifat jinak, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat menjadi ganas.

Kista epidermoid. Kista epidermoid adalah pembengkakan jinak pada kulit yang timbul di kelenjar minyak. Ini biasanya mudah terlihat karena mereka menyebabkan pembengkakan kulit. Kista epidermoid dapat terdiri dari protein yang disebut keratin dan lemak.

Mereka biasanya muncul pada wajah, leher, atau tubuh bagian atas, terutama dada dan bahu. Kista epidermoid juga bersifat jinak dan berkembang dari jaringan ectodermal. 

=>> Baca Juga : Resiko Penyakit kista

Kista ganglion. Kista ganglion adalah tumor atau pembengkakan di atas sendi atau penutup dari tendon (jaringan yang menghubungkan otot ke tulang). Kista ganglion juga sering didefinisikan sebagai benjolan jaringan lunak yang dapat terjadi di semua sendi, tetapi paling sering terjadi di sekitar dekat sendi dan tendon di tangan atau kaki. Kista ini disebabkan oleh kebocoran cairan dari sendi ke dalam jaringan sekitarnya.

Kista ovarium. Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang dapat terbentuk di ovarium. Ada beberapa jenis kista ovarium. Yang paling umum adalah kista fungsional dan membentuk selama ovulasi.

Kista dermoid. Kista dermoid adalah pertumbuhan abnormal yang mengandung epidermis, folikel rambut, dan kelenjar sebasea, yang berasal dari sisa sel-sel embrio. Ini adalah kista abnormal yang biasanya menyerang wanita yang lebih muda dan dapat tumbuh sampai 6 inci diameter. Kista dermoid dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh manusia seperti pada wajah, ovarium, otak, dan sumsum tulang belakang.

Kelenjar sebasea merupakan kelenjar berbentuk kantong kecil yang terletak di dermis, di sebelah folikel rambut, yang melepaskan sebum ke rambut dan melembabkan kulit.

Kista ovarium polikistik. Dalam sindrom ovarium polikistik (PCOS), folikel di mana telur biasanya matang gagal untuk membuka dan membentuk kista.
Kista ovarium endometriosis ( kista coklat ). Pada wanita dengan endometriosis, jaringan dari lapisan rahim tumbuh di daerah lain dari tubuh. Ini termasuk ovarium. Hal ini dapat sangat menyakitkan dan dapat mempengaruhi kesuburan.
Kista ovarium denoma. Kista ini terbentuk dari sel-sel pada permukaan ovarium. Mereka sering berisi cairan.
Kista ovarium dermoid. Jenis kista ini mengandung jaringan mirip dengan yang di bagian lain dari tubuh. Itu termasuk kulit, rambut, dan gigi.

Kista bartholin. Bartholin adalah kelenjar yang terletak pada kedua sisi bibir vagina pada alat kelamin perempuan. Kista Bartholin dapat makin membesar setelah berhubungan seksual karena penambahan cairan yang diproduksi kelenjar Bartholin saat terjadi hubungan seksual. Kista bartholini juga merupakan masalah yang terbanyak ditemukan pada wanita usia reproduktif.

Kista baker. Kista baker adalah pembengkakan jinak dari bursa sinovial membran yang terbentuk di belakang lutut juga dikenal sebagai kista poplitea.

Kista ginjal. Kista ginjal adalah kantong berisi cairan yang terbentuk pada atau di ginjal. Kista ginjal dapat dikaitkan dengan gangguan serius yang dapat mengganggu fungsi ginjal. Kista ginjal diperkirakan terjadi pada 10 persen orang dewasa yang sehat. Sebuah kista ginjal yang menghalangi aliran normal urin dapat menyebabkan pembengkakan ginjal (hidronefrosis)

Selain yang di sebutkan di atas, masih banyak lagi jenis kista lainnya yang tentunya sangat berbahaya untuk itu mulai sekarang jaga kesehatan mulai dari pola makan dan pola hidup yang sehat agar terhindar dan dari penyakit kista.

=>>Baca Juga Pengobatan Pasca Operasi Penyakit Kista

Bagaimana Cara Mendeteksi Kista Ganas?

Ada tiga cara yang dapat membantu Anda mengetahui apakah kista yang Anda miliki berpotensi menyebabkan kanker atau tidak.

  • Status menopause. Seorang wanita yang telah menopause berpotensi lebih tinggi memiliki kista yang bersifat kanker. Menopause didefinisikan sebagai berhentinya siklus menstruasi seorang wanita. Umumnya hal ini terjadi pada wanita berusia 50 tahunan.
  • Tes darah CA-125. Kadar CA-125 pada seorang penderita kanker ovarium umumnya tinggi. Anda berpotensi memiliki kista yang bersifat kanker jika kadar CA-125 Anda tinggi. Namun, ini tidak bisa menjadi satu-satunya Kadar CA-125 seorang wanita juga bisa meningkat ketika ia menstruasi, hamil, atau memiliki kista jinak.
  • Ultrasonografi atau USG. Cara ini bisa digunakan untuk mendeteksi jenis, ukuran dan letak. Selama pemeriksaan, dokter akan menempatkan alat USG pada perut Anda dan selama itu isi rongga panggul Anda bisa terlihat pada sebuah layar monitor.

Anda tidak bisa memakai satu cara saja untuk mendeteksi apakah kista bersifat kanker atau tidak. Ketiga hal di atas perlu dipertimbangkan secara bersamaan untuk menentukan langkah penanganan yang tepat untuk kista Anda. Lakukan pemeriksaan rutin demi mengetahui perkembangan kista Anda.

Ramuan Herbal Penumpas Macam-Macam Jenis Kista Ganas

Untuk pengobatan kista ini bisa di lakukan dengan berbagai metode, bisa secara medis maupun secara alami yang tentu saja bukan melakukan operasi sehingga sangat aman tanpa efek samping.

Salah satu ramuan herbal yang sudah terbukti dan teruji secara klinis sangat efektif membunuh sel kista, sel kanker, tumor dll adalah QNC Jelly Gamat

 

Baru :

Walatra  Gamat Emas Kapsul

G-SEA Jelly Gamat Emas

Posted by : Obat Kista

Macam-Macam Jenis Kista Ganas

Facebook Comments